RADIO DEWI ANJANI

Get the Flash Player to hear this stream.

HIMMAH NW NTB Selenggarakan Musyawarah Wilayah III di Ponpes Riyadlul Jannah NW Kopang

Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan didirikan oleh Al-Magfurulahu Maulana Syaikh pada tanggal 05 Juni 1966 di Pancor Lombok Timur. Pada masa awal, Himmah NW membentuk kepengurusan tingkat Kabupaten (disebut Dewan Pengurus Cabang), Perguruan Tinggi (Koordinator Komisariat) dan Fakultas (Komisariat). Pada Muktamar Himmah NW tahun 2006, Himmah NW merubah sebutan DPC menjadi PC atau Pimpinan Cabang dan Komisarat untuk perguruan tinggi yang mengurus keseluruhan kader di tingkat perguruan tinggi bersangkutan, tanpa adanya kepengurusan pada tingkat Fakultas dan jurusan. Selain itu, Muktamar tersebut juga menugaskan Pimpus Himmah NW untuk membentuk Koordinator Wilayah Himmah NW Provinsi, yang belakangan pada Muktamar tahun 2014 di Anjani diubah sebutannya menjadi Pimpinan Wilayah Himmah NW Provinsi. Muktamar tahun 2014 ini juga sekaligus mengamanahkan al-mukarram Raden Tuan Guru Bajang KH. Lalu Gede M. Zainuddin Atsani, M.Pd.I. menjadi Ketua Umum yang kepemimpinannya masih berjalan hingga dengan saat ini.

Lembaga kepengurusan tingkat Provinsi ini dibentuk pertama kali pada tahun 2009 oleh Pimpus Himmah NW yang pada saat itu dipimpin oleh Saefuddin Zuhri, yakni membentuk Korwil Himmah NW di Provinsi NTB dan melaksanakan Muswil I di salah satu Pondok Pesantren di Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Muswil I tersebut memberikan kepercayaan kepada Imran Hadi Aditya, SH. Menjadi Ketua Umum dan Muh. Alwi Parhanudin, S.Sos. menjadi Sekretaris Umum untuk melaksanakan perjuangan dalam masa perjuangan 2009 – 2014. Kepengurusan ini fokus pada koordinasi internal dan memperkuat eksistensi Cabang yang tersebar di berbagai Kabupaten/Kota. Perjuangan Korwil Himmah NW NTB di bawah kepemimpinan Imran Hadi Aditya, SH. Menghasilkan prestasi yang baik khususnya dalam pencapaian visi periodiknya tersebut. Pada tahun 2014, dilaksanakan Muswil II Himmah NW NTB di IAIH NW Lotim, dan mempercayakan kepemimpinan kepada Muh. Alwi Parhanudin, S.Sos., M.SI. sebagai Ketua Umum dan M. Salman Sofyan, SE sebagai Sekretaris Umum untuk masa perjuangan 2014 – 2017. Kepengurusan ini memiliki kesamaan fokus sebagaimana perode pertama, dan tercatat tiga cabang baru telah dibentuk. Selain itu kepengurusan juga menekankan dokumentasi pemikiran kader dan meningkatan sistem kaderisasi, yakni terbitnya buku Epistemologi Perjuangan Himmah NW, tersusunnya Kurikulum kaderisasi Himmah NW, sekaligus mencoba melakukan penyusunan kurikulum ke-NW-an tingkat Madrasah dan Perguruan Tinggi yang hingga dengan saat ini hasilnya telah dipakai oleh sebagian besar Madrasah di bawah naungan KKM NW di Lombok Timur dan Lombok Tengah.

Pada tahun 2017 ini, tepatnya pada tanggal 05 Februari 2017 di PP. Riyadlul Jannah NW Jelojok Kopang, diselenggarakan Muswil III yang dikomandoi oleh Adi Kusmawan, QH., S.Si sebagai ketua Panitianya. Muswil III menghasilkan beberapa keputusan penting dalam musyawarahnya yang terbilang cukup alot, khususnya dalam me-review kebutuhan organisasi secara substansif maupun praktis di masa sekarang maupun masa mendatang.

Adapun hasil Muswil III antara lain :
Pertama, tentunya mendemisioner Kepengurusan PW Himmah NW NTB Periode 2014-2017
Kedua, Mengamanahkan perjuangan selanjutnya kepada Samsuriadi, M.Pd. sebagai Ketua Umum dan M. Salman Sofyan, ME sebagai Sekretaris Umum periode 2017-2020.
Ketiga, merekomendasikan tiga hal substansial yang dianggap harus menjadi prioritas kekinian. Tiga hal tersebut yakni :

  1. Peningkatan manifestasi Keyakinan, Keikhlasan dan Keistiqomahan sebagai trilogi perjuangan NW dan Himmah NW pada karakter setiap individu kader Himmah NW
  2. Reposisi Sistem dan Kultur organisasi Himmah NW, serta perluasan jaringan hubungan eksternal Himmah NW NTB, sebagai mandat Muswil III sebagai program kerja kepengurusan 2017-2020
  3. Raden Tuan Guru Bajang : Penerus Perjuangan Al-Magfurulah, menuju NTB berokah. Dari Himmah NW dan Nahdlatul Wathan, untuk kejayaan Nusa Tenggara Barat yang Bermartabat.

Muswil III dalam pandangan Ketua Umum Demisioner, merupakan Muswil yang paling hebat dan memiliki banyak keistimewaan bila dibandingkan dengan Muswil I dan II. Hal ini karena pertama, musyawarah yang dijalankan sangat serius dalam membahas hal-hal substansial dan filosofik, dan itu diarahkan oleh interest dari hati nurani kader, bukan arahan dari panitia dan kepengurusan. Banyak ide dan gagasan baru yang muncul dan dikukuhkan dalam Muswil III ini. Kedua, Proses demokrasi yang berjalan sempurna, namun tetap terbingkai oleh semangat persaudaraan, kekeluargaan dan persahabatan yang kental (dua hal yang biasanya saling bertolak belakang). Hal ini terlihat dalam sesi penentuan bakal calon yang memiliki tingkat kepekaan, proses komunikasi, negosiasi, lobbying hingga kompetisi yang fair. Muswil memunculkan hanya dua bakal calon dan keduanya lolos ke fase pemilihan calon, dan peserta meminta waktu lobbying kembali selama 15 menit. Kompleksitas komunikasi dan negosiasi pun meningkat drastis, hingga pada penghujung waktu, kedua calon saling rangkul, legowo, dan bersepakat untuk menetapkan hasil suara pada pemilihan bakal calon untuk ditetapkan sebagai hasil akhir Muswil III. Adapun rinciannya, Samsuriadi, M.Pd. memperoleh 35 suara dan M. Salman Sofyan, ME. memperoleh 21 suara, hingga keseluruhan berjumlah 56 suara. Jumlah peserta 70 orang yang terdiri dari perwakilan Pimpus Himmah NW 1 orang, PW Himmah NW, PC Himmah NW se-NTB masing-masing lembaga 8 orang, Komisariat Himmah NW se-NTB masing-masing lembaga 3 orang. Dari keseluruhan peserta tersebut, yang tidak menghadiri Muswil III hanya 14 orang dan telah dikonfirmasi serta bersedia untuk menerima segala keputusan Muswil III.

Muswil III mengharapkan kepengurusan PW Himmah NW NTB periode 2017 – 2020 ini menjadi penerus perjuangan Himmah NW di Nusa Tenggara Barat, meningkatkan apa-apa yang telah berjalan, memperbaiki segala kekeliruan/kekurangan, dan menggagas serta melaksanakan visi periodik baru yang esensinya belum sempat terwujud, pada kepengurusan sebelumnya. Kita semua berharap semoga kader Himmah NW secara keseluruhan tetap dan senantiasa menjadi benihan Nahdlatul Wathan yang setia, dalam mewujudkan Himmah NW jaya.

Muswil Himmah NW NTB III

Muswil Himmah NW NTB III

Muswil Himmah NW NTB III

Dipublikasikan › 09-02-2017 | Dibaca › 1901 kali

Komentar