RADIO DEWI ANJANI

Get the Flash Player to hear this stream.

Jemaah Haji Indonesia Mulai Masuki Madinah

Jemaah haji Indonesia mulai memasuki kota Madinah, Kamis siang (22/09/2016) waktu Arab Saudi. Sebelum memasuki Madinah, rombongan jemaah haji yang diangkut dengan sejumlah bus itu akan melalui titik pengecekan di Terminal Hijrah.

Lokasi Terminal Hijrah ini tidak jauh dari Bir Ali. Ditempuh sekitar 30 menit dari sekitar Masjid Nabawi.

Sebelum melalui pemeriksaan dokumen berupa paspor dan nama hotel tempat menginap, bus jemaah akan berhenti di sebuah yayasan nirlaba, yang menghimpun donasi dari para dermawan hingga pemerintah Arab Saudi.

Di lokasi sekitar 200 meter sebelum Terminal Hihrah ini, jemaah haji mendapatkan boks berisi snack dan air mineral. Selain itu, jemaah haji mendapatkan satu kotak kurma secara gratis.

Selanjutnya, bus memasuki areal pemeriksaan dokumen, sebelum melanjutkan perjalanan ke Madinah. Proses pemeriksaan paspor dan hotel tempat menginap ini dilakukan sekitar 10 menit.

Kepala Sektor Bir Ali dan Terminal Hijrah, Daker Madinah, Sahbuddin Abdul Kadir, mengatakan, saat memasuki Terminal Hijrah, sopir akan melaporkan jumlah jemaah dan hotel tempat menginap.

"Setelah proses itu selesai, bus akan melanjutkan perjalanan ke Madinah," kata Sahbuddin di Terminal Hijrah.

Dalam pantauan Tim Media Center Haji, bus yang pertama kali memasuki area Terminal Hijrah adalah dari Kloter 36 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 36). Bus pertama tiba sekitar pukul 12.40 waktu Arab Saudi atau 16.40 WIB.

Menyusul kemudian beberapa bus dari Kloter 35 Embarkasi Surabaya (SUB 35). Setelah melalui pengecekan paspor jemaah dan nama hotel, bus-bus langsung melanjutkan perjalanan ke Madinah.

Satu bus dari Kloter SUB 35 sempat tertahan, karena dalam dokumen belum disebutkan nama hotel tempat menginap jemaah. Namun, setelah petugas Terminal Hijrah menginformasikan nama hotel kepada petugas pemeriksaan paspor, bus dapat melanjutkan perjalanan.

Suparlan, ketua regu dalam Kloter SUB 35, mengatakan, selama perjalanan dari Mekah tidak ada hambatan. Perjalanan lancar dan layanan bus baik.
"Bagus. Kami berangkat tadi jam 07.40 (waktu Saudi)," kata dia, saat bus berhenti untuk mendapat boks snack jelang Terminal Hijrah.

Selanjutnya, kedua kloter jemaah ini akan menempati hotel-hotel di kawasan Markaziyah, Madinah. Kawasan yang berjarak maksimal sekitar 550 meter dari Masjid Nabawi.

Kloter SUB 35 akan menempati hotel Makarim Al Sa'adah Zahabi. Sementara itu, Kloter JKS 36 akan menempati hotel Zahraa Al Kheer.

Selain dua kloter itu, berikut kloter jemaah haji Indonesia yang dijadwalkan tiba hari ini di Madinah.
1. Kloter 37 Embarkasi Jakarta-Bekasi. Perkiraan tiba di Madinah pukul 18.00 waktu Saudi.
2. Kloter 35 Embarkasi Solo. Perkiraan tiba di Madinah pukul 19.30 waktu Saudi.
3. Kloter 38 Embarkasi Jakarta-Bekasi. Perkiraan tiba di Madinah pukul 21.00 waktu Saudi.
4. Kloter 01 Embarkasi Lombok. Perkiraan tiba di Madinah pukul 22.30 waktu Saudi.
5. Kloter 10 Embarkasi Padang. Perkiraan tiba di Madinah pukul 00.30 waktu Saudi.
6. Kloter 22 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede. Perkiraan tiba di Madinah pukul 02.18 waktu Saudi.
7. Kloter 15 Embarkasi Batam. Perkiraan tiba di Madinah pukul 02.24 waktu Saudi.
8. Kloter 39 Embarkasi Jakarta-Bekasi. Perkiraan tiba di Madinah pukul 02.42 waktu Saudi.
9. Kloter 10 Embarkasi Balikpapan. Perkiraan tiba di Madinah pukul 02.57 waktu Saudi.

 

Sumber: kemenag.go.id

Dipublikasikan › 23-09-2016 | Dibaca › 495 kali

Komentar